Prolog
Apa yang anda ketahui tentang KARL MARX ?
Tokoh yang cukup kontraversial ini merupakan salah satu penentu yang sangat berpengaruh bagi perkembangan sejarah pemikiran ilmu sosial. bahkan dapat dikatakan bahwa sejarah akan berbeda sekarang ini tanpa Karl Marx. Demikian salah satu kesimpulan Franz Magnis Suseno mengenai pemikiran Karl Marx.
Tokoh yang cukup kontraversial ini merupakan salah satu penentu yang sangat berpengaruh bagi perkembangan sejarah pemikiran ilmu sosial. bahkan dapat dikatakan bahwa sejarah akan berbeda sekarang ini tanpa Karl Marx. Demikian salah satu kesimpulan Franz Magnis Suseno mengenai pemikiran Karl Marx.
Pengaruh
pemikiran Karl Marx tidak bisa diragukan lagi dalam sejarah perjalanan
dunia ini. Marx tidak hanya merangsang perubahan cara berpikir, akan
tetapi juga mengubah cara manusia bertindak. Seperti dikatakan Marx
sendiri, “Para filosof hanya menginterpretasikan dunia dalam berbagai
cara; masalahnya adalah bagaimana mengubah dunia.”
Hal inilah yang kemudian membedakan Marx dari filosof lain, misalnya,
Auguste Comte atau Martin Heidegger, bahkan David Hume yang hanya
sanggup mengubah cara manusia berfikir. Meskipun tidak bisa dipungkiri
juga bahwa perubahan pemikiran ini berdampak pada kehidupan masyarakat
luas, namun efeknya tidak sebesar Karl Marx. Filsafat Marx lebih
diletakkan untuk mengubah dunia. Bahkan sebagai ideologi, “Marxisme”
menyemangati sebagian besar gerakan buruh sejak akhir abad ke-19 dan
dalam abad ke-20 yang mendasari kebanyakan gerakan pembebasan sosial.
untuk lebih jelasnya mari kita cermati tulisan sampah ini sebagai berikut.
Biografi Karl Marx
Karl Marx lahir di Trier, Prusia, 5
Mei 1818. ayahnya, seorang pengacara, menafkai keluarganya dengan
relatif baik, khas kehidupan kelas menengah. Orang tuanya adalah dari
pendeta yahudi (rabbi). Tetapi, karena alasan isnis ayahnya menjadi
penganut ajaran Luther ketika Karl Marx masih sangat muda. Tahun 1841
Marx menerima gelar doktor filsafat dari Universitas Berlin, Universitas
yang sangat di pengaruhi oleh Hegel dan guru - guru muda penganut
filsafat Hegel, tetapi berpikir Kritis. Gelar doktor Marx di dapat dari
kajian filsafat yang membosankan, tetapi kajian itu mendahului berbagai
gagasannya yang muncul kemudian.
Setelah tamat ia menjadi penulis untuk sebuah koran liberal radikal dan dalam tempo 10 bulan ia menjadi editor kepala koran itu. Tetapi karena pendirian politiknya, koran itu kemudian di tutup pemerintah. Esai – esai awal yang di terbitkan dalam periode mulai mencerminkan sebuah pendirian yang membiumbing Marx sepanjang hidupnya. Esai-esai tulisan Marx itu secara bebas di taburi prinsip-prinsip demokrasi , ia menolak keabstrakat filsafat hegelian, mimpi naif komunis utopiadan gagasan aktivis yang mendesak apa yang ia anggap sebagai tindakan politik prematur. Dalam menolak gagasn aktivis ini Marx meletakkan landasan bagi gagasan hidup sendiri.
Upaya praktis, bahkan dalam mengarahkan massa sekalipun, akan di jawab dengan meriam saat upaya itu di anggap berbah. tetapi, gagasan yang dapat mengarahkan intelektual kitadan yang menaklukkan keyakinan kita, gagasan yang dapat membekukan kita, merupakan belenggu – belenggu di mana seorang hanya bisa lepas darinya dengan mengorbankan nyawanya; gagasan-gagasan itu seperti setan sehingga orang hanya dapat mengatasinya dengna menyerah kepada Marx (Marx, 1842/1977;20)
Marx menikah pada 1843 dan tak lama kemudian ia terpaksa meninggalkan jerman untuk dapt suasana yang lebih libaral di Paris. Di Paris ia bergualat dengan gagasan Hegel dan pendukungnya, tetapi ia juga menghadapi dua kumpulan gagasan baru – sosialisme Prancis dan politik Ekonomi Inggris. Dengan cara yang unik dia menggabungkan hegelian, sosialisme dan ekonomi politik yang kemudian menentuka orientasi intelektualnya. Hal yang sangat penting pula adalah pertemuannya dengan orang yang kemudian menjadi teman seumur hidupnya, donatur dan kolabolatornyayakni Fredrich Engels (Carver, 1983) Engels anak penguasa pabrik tekstil menjadi seorang sosialis yang mengkritik kondisis kehidupan yang di hadapi kelas buruh. Banyak di antara rasa kasihan Marx kesengsaraan kelas buruh berasal dari paparannya kepada Engels dan gagasannya sendiri.
Setelah tamat ia menjadi penulis untuk sebuah koran liberal radikal dan dalam tempo 10 bulan ia menjadi editor kepala koran itu. Tetapi karena pendirian politiknya, koran itu kemudian di tutup pemerintah. Esai – esai awal yang di terbitkan dalam periode mulai mencerminkan sebuah pendirian yang membiumbing Marx sepanjang hidupnya. Esai-esai tulisan Marx itu secara bebas di taburi prinsip-prinsip demokrasi , ia menolak keabstrakat filsafat hegelian, mimpi naif komunis utopiadan gagasan aktivis yang mendesak apa yang ia anggap sebagai tindakan politik prematur. Dalam menolak gagasn aktivis ini Marx meletakkan landasan bagi gagasan hidup sendiri.
Upaya praktis, bahkan dalam mengarahkan massa sekalipun, akan di jawab dengan meriam saat upaya itu di anggap berbah. tetapi, gagasan yang dapat mengarahkan intelektual kitadan yang menaklukkan keyakinan kita, gagasan yang dapat membekukan kita, merupakan belenggu – belenggu di mana seorang hanya bisa lepas darinya dengan mengorbankan nyawanya; gagasan-gagasan itu seperti setan sehingga orang hanya dapat mengatasinya dengna menyerah kepada Marx (Marx, 1842/1977;20)
Marx menikah pada 1843 dan tak lama kemudian ia terpaksa meninggalkan jerman untuk dapt suasana yang lebih libaral di Paris. Di Paris ia bergualat dengan gagasan Hegel dan pendukungnya, tetapi ia juga menghadapi dua kumpulan gagasan baru – sosialisme Prancis dan politik Ekonomi Inggris. Dengan cara yang unik dia menggabungkan hegelian, sosialisme dan ekonomi politik yang kemudian menentuka orientasi intelektualnya. Hal yang sangat penting pula adalah pertemuannya dengan orang yang kemudian menjadi teman seumur hidupnya, donatur dan kolabolatornyayakni Fredrich Engels (Carver, 1983) Engels anak penguasa pabrik tekstil menjadi seorang sosialis yang mengkritik kondisis kehidupan yang di hadapi kelas buruh. Banyak di antara rasa kasihan Marx kesengsaraan kelas buruh berasal dari paparannya kepada Engels dan gagasannya sendiri.
Tahun 1844 Marx dan Engels mengadakan
diskusi panjang di sebuah Café terkenal di Paris dan meletakkan landasan
kerja untuk bersahabat seumur hidup. Mengenai diskusi itu Engels
berkata ”kesepakatan lengkap kami dalam dalam semua budang teori menjadi
nyata….dan perjanjian kerja sama kami mulai sejak itu”(McLellan,
1993:131) di tahun berikutnya Engels menerbitkan karya the condition Of
The
Working Class in England. Selama
periode itu Marx menerbitkan sejumlah karya yang sangat sukar di pahami
(kebenyakan belum di terbitkan semasa hidupnya) termasuk the Holy Family
dan The German ideology (di tulis bersama Engels)dan ia pun menulis the
economic and philosophic manuscripts 1844 yang menandakan perhatiannya
terhadap bidang ekonomi main meningkat.
Meski Marx dan Engels mempunya orientasi teoritis yang sama, namun ada juga beberapa perbedaan di antara mereka. Marx cenderung menjadi seorang intelektual teoritis yang kurang teratur dan sangat berorientasi kepada keluarga. Engels adalah pemikir praktis, rapi dan pengusaha teratur dan orang yang tak percaya pada lembaga keluarga. Meski mereka berbeda, Marx dan Engels menempa kerja sama yang akrab sehingga mereka berkolabirasi menulis buku dan artikel dan bekerja sama dalam organisasi radikal, dan bahka Engels membantu membiayai Marx selama sisa hidupnya sehingga memungkinkan marx mencurahklan perhatiannya pada kegiatan intelektual dan politiknya.
Meski Marx dan Engels mempunya orientasi teoritis yang sama, namun ada juga beberapa perbedaan di antara mereka. Marx cenderung menjadi seorang intelektual teoritis yang kurang teratur dan sangat berorientasi kepada keluarga. Engels adalah pemikir praktis, rapi dan pengusaha teratur dan orang yang tak percaya pada lembaga keluarga. Meski mereka berbeda, Marx dan Engels menempa kerja sama yang akrab sehingga mereka berkolabirasi menulis buku dan artikel dan bekerja sama dalam organisasi radikal, dan bahka Engels membantu membiayai Marx selama sisa hidupnya sehingga memungkinkan marx mencurahklan perhatiannya pada kegiatan intelektual dan politiknya.
Meski ada asosiasi erat antara nama Marx dan Engels, namun Engels menjelaskan bahwa ia teman junior;
Marx mampu berkarya sangat baik tanpa aku. Aku tidak pernah mencapai prestasi seperti yang di capai Marx. Pemahaman Marx lebih tinggi, pengalamannya lebih jauh dan pandangannya lebih luas serta cepat ketimbang aku. Marx adlah jenius(Engels, di kutip dalam McLellan,1973;131-132)
Banyak yang percaya bahwa Engels gagal memahami berbagai seluk beluk Marx. Setelah Marx meninggal, Engels menjadi juru bicara utama bagi teori marxian dan dalam berbagai cara menyimpangkan dan terlalu menyerderhanakannya, meski ia tetap setia terhadap perspektif politik yang ia tempa bersama Marx.
Karena beberapa tulisannya telah menggangu pemerintahan prusia, pemerintah perancis(atas permohonan prusia)mengusir Marx tahun 1845 dan karenanya Marx pindah ke Brussel. Radikelismenya meninggkat dan ia menjadi anggota aktif di bidang gerakan revolusioner internasional. Ia pun bergabung dengan liga komunis dan bersama Engels diminta menulis anggaran dasar liga itu, hasilnya adalah manifestor komunis 1848, sebuah karya besar yang di tandai oleh slogan-slogan politik yang termasyur (misalnya ‘kaum burh seluruh dunia bersatulah’!!).
Tahun 1849 ia pindah ke london dan, mengingat kegagalan revolusi politik tahun 1848, ia menarik diri dari aktivitas revolusioner dan beralis ke kegiatan rsiset yang lebih rinci tentang peran sistem ka[pitalis. Study ini akhirnya menghasilkan tiga jilid buku das kapital.jilid pertama di terbitkan tahun 1867; kedua jilid yang lainya di terbitkan sesudah ia meninggal. Selama riset dan menulis itu ia hidup dalam kemiskinan, membiayai hidupnya secara sederhana dari honorarium tulisannya dan bantuan dana dari Engels. Tahun 1864 Marx terlibat kembali dalam kegiatan politik, bergabung dengan ‘The Internasional’, sebuah gerakan buruh internasio nal. Ia segera menonjol dalam gerakan itu dan mencurahkan perhatian selama beberapa tahun untuk gerakan itu. Ia mulai mendapat popularitas, baik sebagai pimpinan internasional maupun sebagai penulis des kapital. Perpecahan gerakan internasional tahun 1876, kegagalan dari berbagai gerakan revolusioner dan penyakit – penyakit, akhirnya membuat Marx ambruk. Istrinya wafat tahun 1881 dan anak perempuannya tahun 1882 dan Marx sendiri wafat di tahun 1883.
Marx mampu berkarya sangat baik tanpa aku. Aku tidak pernah mencapai prestasi seperti yang di capai Marx. Pemahaman Marx lebih tinggi, pengalamannya lebih jauh dan pandangannya lebih luas serta cepat ketimbang aku. Marx adlah jenius(Engels, di kutip dalam McLellan,1973;131-132)
Banyak yang percaya bahwa Engels gagal memahami berbagai seluk beluk Marx. Setelah Marx meninggal, Engels menjadi juru bicara utama bagi teori marxian dan dalam berbagai cara menyimpangkan dan terlalu menyerderhanakannya, meski ia tetap setia terhadap perspektif politik yang ia tempa bersama Marx.
Karena beberapa tulisannya telah menggangu pemerintahan prusia, pemerintah perancis(atas permohonan prusia)mengusir Marx tahun 1845 dan karenanya Marx pindah ke Brussel. Radikelismenya meninggkat dan ia menjadi anggota aktif di bidang gerakan revolusioner internasional. Ia pun bergabung dengan liga komunis dan bersama Engels diminta menulis anggaran dasar liga itu, hasilnya adalah manifestor komunis 1848, sebuah karya besar yang di tandai oleh slogan-slogan politik yang termasyur (misalnya ‘kaum burh seluruh dunia bersatulah’!!).
Tahun 1849 ia pindah ke london dan, mengingat kegagalan revolusi politik tahun 1848, ia menarik diri dari aktivitas revolusioner dan beralis ke kegiatan rsiset yang lebih rinci tentang peran sistem ka[pitalis. Study ini akhirnya menghasilkan tiga jilid buku das kapital.jilid pertama di terbitkan tahun 1867; kedua jilid yang lainya di terbitkan sesudah ia meninggal. Selama riset dan menulis itu ia hidup dalam kemiskinan, membiayai hidupnya secara sederhana dari honorarium tulisannya dan bantuan dana dari Engels. Tahun 1864 Marx terlibat kembali dalam kegiatan politik, bergabung dengan ‘The Internasional’, sebuah gerakan buruh internasio nal. Ia segera menonjol dalam gerakan itu dan mencurahkan perhatian selama beberapa tahun untuk gerakan itu. Ia mulai mendapat popularitas, baik sebagai pimpinan internasional maupun sebagai penulis des kapital. Perpecahan gerakan internasional tahun 1876, kegagalan dari berbagai gerakan revolusioner dan penyakit – penyakit, akhirnya membuat Marx ambruk. Istrinya wafat tahun 1881 dan anak perempuannya tahun 1882 dan Marx sendiri wafat di tahun 1883.
Hegel dan Marx
Perlu diketahui filsafat Hegel mengandung hal yang bernilai seperti: teori tentang
gerak yang abadi, perkembangan dari jiwa yang universal, dan terutama
metode dialektika.
Hal yang disebut terakhir inilah yang akan dijelaskan lebih lanjut.
Dialektika berarti sesuatu itu hanya benar apabila dilihat dengan
seluruh hubungannya. Dialektika bisa juga dirumuskan sebagai teori
tentang persatuan hal-hal yang bertentangan. Contoh yang tepat untuk
menjelaskan dialektika adalah dialog. Dalam setiap dialog, terdapat
sebuah tesis, yang kemudian melahirkan anti-tesis, dan selanjutnya
muncul sintesis. Proses demikian berulang terus menerus.
Hegel menyatakan bahwa hukum dialektika ini memimpin perkembangan jiwa. Dunia menurut Hegel berada dalam proses perkembangan. Namun ia tidak menerapkan hukum ini lebih jauh lagi kepada alam dan
masyarakat. Hegel adalah seorang idealis. Menurut Hegel, esensi
kenyataan bukanlah benda materiil, melainkan jiwa. Idealisme
berpandangan metafisika bahwa realitas yang utama adalah ide atau
gagasan.
Dari
pandangan Hegel tentang dialektika, Marx kemudian menyusun kembali,
membangun bangunan pemikiran yang lebih baik dari gurunya tersebut. Marx
tidak puas terhadap dialektika Hegel yang berpusat pada ide/roh. Hal
ini bagi Marx terlalu abstrak dan tidak menyentuh realitas konkret.
Pengertian ini tidak sesuai dengan tesis Karl Marx bahwa filsafat harus
mengubah cara orang bertindak. Dalam
pandangannya, filsafat tidak boleh statis, tetapi harus aktif membuat
perubahan-perubahan karena yang terpenting adalah perbuatan dan materi,
bukan ide-ide. Manusia selalu terkait dengan hubungan-hubungan
kemasyarakatan yang melahirkan sejarah. Marx
membalik dialektika ide Hegel menjadi dialetika materi. Apabila Hegel
menyatakan bahwa kesadaranlah yang menentukan realitas, maka Marx
mendekonstruksinya dengan mengatakan bahwa praksis materiallah yang
menentukan kesadaran.
Materialisme
adalah teori yang menyatakan bahwa semua bentuk dapat diterangkan
melalui hukum yang mengatur materi dan gerak. Meterialisme berpendapat
bahwa semua kejadian dan kondisi adalah sebab akibat lazim dari
kejadian-kejadian dan kondisi-kondisi sebelumnya. Dengan demikian,
materialisme selalu memberikan penekanan bahwa materi merupakan ukuran
segalanya, melalui paradigma materi ini segala sesuatu dapat
diterangkan.
Materialisme
dialektis memiliki asumsi dasar bahwa benda merupakan suatu kenyataan
pokok, bahwa kenyataan itu benar-benar objektif, tidak semata berada
dalam kesadaran manusia. Konsekuensi logisnya adalah pengetahuan
realitas secara otomatis menjadi tidak bisa dipisahkan dengan kesadaran
manusia. Bahkan materialisme mengakui bahwa kenyataan berada di luar
persepsi kita tentangnya, sehingga kenyataan obyektif adalah penentu
terakhir terhadap ide.
Pembalikan
Marx dari idealisme Hegel ke materialisme memang tidak berarti ia
meninggalkan dialektika Hegel. Materialisme Marx adalah materialisme
dialektis yang meyakini kebudayaan akan mengalami kemajuan. Jika dalam
Hegel adalah realisasai total roh absolut, maka dalam Marx kemajuan
kualitatif tersebut berupa masyarakat tanpa kelas (masyarakat yang tidak
lagi didominasi materi).
Visi Marx untuk mewujudkan masyarakat tanpa kelas merupakan gambaran
praksis dari ide dasar materialisme sosialisnya. Sistem feodal yang
tergantikan oleh sistem kapitalis telah membawa perubahan dalam struktur
ekonomi dan sosial. Marx yakin suatu saat, kapitalisme akan menemui
kehancuran dan melahirkan sintesis, komunis sebagai ideologi kekuatan
baru, masyarakat tanpa kelas.
Marxisme
Marxisme
berawal dari tulisan-tulisan Karl Marx. Dalam arti luas, Marxisme
berarti paham yang mengikuti pandangan-pandangan dari Karl Marx.
Pandangan-pandangan ini mencakup ajaran Marx mengenai materialisme
dialektis dan materialisme historis serta penerapannya dalam kehidupan
sosial.
Marxisme lahir dari konteks masyarakat industri Eropa abad ke-19,
dengan semua ketidakadilan, eksploitasi manusia khususnya kelas
bahwa/kelas buruh. Menurut analisa Marx, kondisi-kondisi dan
kemungkinan-kemungkinan teknis sudah berkembang dan merubah proses
produksi industrial, tetapi struktur organisasi proses produksi dan
struktur masyarakat masih bertahan pada tingkat lama yang ditentukan
oleh kepentingan-kepentingan kelas atas. Jadi, banyak orang yang
dibutuhkan untuk bekerja, tetapi hanya sedikit yang mengemudikan proses
produksi dan mendapat keuntungan. Karena maksud kerja manusia yang
sebenarnya adalah menguasai alam sendiri dan merealisasikan cita-cita
dirinya sendiri, sehingga terjadi keterasingan manusia dari harkatnya
dan dari buah/hasil kerjanya. Karena keterasingan manusia dari hasi
kerjanya terjadi dalam jumlah besar (kerja massa) dan global,
pemecahannya harus juga bersifat kolektif dan global.
Berbeda
dengan model-model sosialisme lama, Marxisme menyatakan dirinya sebagai
“sosialisme ilmiah”. Untuk mendukung klaim tersebut, Marx mendasarkan
pada penelitian syarat-syarat objektif perkembangan masyarakat. Marx
menolak pendasaran sosialisme pda pertimbangan-pertimbangan moral.
Materialisme sejarah merupakan dasar bagi sosialisme ilmiah tersebut.
Marx yakin bahwa ia telah menemukan hukum objektif perkembangan sejarah.
Objek pencarian materialisme historis adalah hukum-hukum gerakan dan
perkembangan masyarakat insani yang paling universal. Marx menciptakan
suatu pemahaman sejarah menjadi seperti sains yang pasti dan eksak.
Karena hal itulah Marx menyatakan bahwa sosialismenya bersifat ilmiah
karena berdasarkan pada pengetahuan hukum-hukum objektif perkembangan
masyarakat.
Marxisme
pada hakekatnya bukanlah merupakan suatu penafsiran terhadap perubahan
proses-proses dalam masyarakat, akan tetapi merupakan sebuah terori yang
menyatakan bahwa hukum objektif perkembangan masyarakat dapat
ditetapkan sama seperti halnya penemuan-penemuan dalam bidang ilmu
pengetahuan sehingga bisa bersifat pasti dan universal. Dengan
mengajukan sosialisme ilmiah sebagai penerapan hukum dasar alam pada
masyarakat, teori Marx seakan-akan dibenarkan oleh ilmu-ilmu alam,
karena memiliki objektivitas seperti ilmu-ilmu alam.
Kesimpulan dan Kritik
Filsafat
Karl Marx meruapak salah satu filsafat yang palling berpengaruh di
dalam perkembangan sejarah. Kemampuan gagasan Marx untuk berdialektika
dengan zaman, menjadikannya pemikir yang tidak pernah sepi dari kritikan
dan pujian atasnya. Namun, apapun tanggapan dunia terhadapnya,
kehadirannya telah menggerakkan kesadaran kelompok buruh, budak dan
aktivis sosialis untuk mengorganisir diri dan berjuang mewujudkan
perubahan.
Pendapat
Karl Marx tentang tujuan akhir berupa masyarakat tanpa kelas sebenarnya
merupakan suatu yang paradoks dengan konsep dialektis itu sendiri.
Dialektisisme merupakan sebuah proses yang terus menerus sehingga tidak
akan tercipta kemandegan. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana
mungkin masyarakat tanpa kelas akan terwujud? Bukankah dalam proses
bermasyarakat tetap harus ada pembagian kerja? Teori masyarakat tanpa
kelas Marx memang semacam utopisme yang penuh paradoks dalam
teori-teorinya. Pandangan Marx tentang sejarah yang saintifik telah
mereduksi kemanusian. Mansia hanya menjadi korban dari barang-barang
produksi dan tidak lagi memiliki independensi.
Daftar Pustaka
Rius, 2000, Marx Untuk pemula, Yogyakarta: Insist
Suseno, Franz Magnis, 2001, Pemikiran Karl Marx: Dari Sosialisme Utopis Ke
Perselisihan Revisionisme, Jakarta: Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar